Sabtu, 02 April 2011

Pesawat Kargo Ruang Angkasa Hangus Terbakar

Sebuah pesawat kargo ruang angkasa tak berawak hangus terbakar saat masuk ke atmosfir Bumi, sehari setelah angkutan ini meninggalkan International Space Station (ISS). Kounotori 2, pesawat robotik ruang angkasa hancur beserta muatannya dan jatuh ke Samudera Pasifik.

Sebelum kembali ke Bumi, pesawat itu telah menjalankan misinya selama 2 bulan di ISS.

Kounotori 2, dikenal juga sebagai HTV-2 merupakan kendaraan angkut sekali pakai kedua yang dibuat Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) untuk membawa berton-ton kargo ke International Space Station. Kendaraan ruang angkasa pertama yakni HTV-1 tiba di ISS tahun 2009 lalu.

“HTV-2 membawa berbagai kargo penting termasuk suku cadang untuk sistem eksternal ISS dan air bagi astronot yang tinggal di stasiun ruang angkasa itu,” kata Keiji Tachikawa, President JAXA, seperti dikutip dari Space, Kamis 31 Maret 2011.

Keberhasilan HTV, kata Tachikawa, membuktikan bahwa HTV merupakan kendaraan transportasi yang dapat diandalkan untuk menyuplai ISS.   

Kendaraan ruang angkasa berukuran panjang sekitar 10 meter dan lebar 4,4 meter itu bisa membawa kargo dalam ruang bertekanan yang isinya bisa diambil oleh astronot saat kendaraan itu tiba di stasiun ruang angkasa. Pada kendaraan itu juga ada ruang penyimpanan tak bertekanan yang isinya bisa diambil oleh tangan robot.

Pesawat ruang angkasa HTV merupakan bagian dari jajaran pesawat ruang angkasa internasional yang secara rutin memasok kebutuhan stasiun ruang angkasa ISS. Selain Jepang, kendaraan ruang angkasa tak berawak Russia dan Eropa juga rutin mengirim pasokan.

Konotouri 2 sendiri diluncurkan dari Jepang dan tiba di ISS pada 27 Januari 2011. Adapun kendaraan angkut berikutnya dipersiapkan untuk berangkat pada Januari 2012.

Related Article:

0 komentar:

Poskan Komentar


 
KLIK Gambar/Link Di Bawah Ini Untuk Menutup Iklan Ini
Copyright 2010 New Magazine. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog