Sabtu, 02 April 2011

Bajaj Juga Beroperasi di Inggris

Kita mengenal Kendaraan Bajaj selama ini hanya ada di Indonesia terutama Jakarta dan mungkin sedikit tahu juga ada di India. Suara khasnya meski dari jauh sudah dapat dikenali. namun rupanya kendaraan Bajaj juga ada di Inggris. seperti apa rupa bajaj di sana? contohnya ada di foto ini:



Inggris, memang tak mengimpor Bajaj. Melainkan, jenis kendaraan serupa bernama Ape yang dirancang dari basis Piaggio. Adalah Perodua UK Limited, importir Piaggio Commercial Vehicles, yang memboyong kendaraan ini ke pasar otomotif Inggris. Ape sendiri, memang sudah dikenal sebagai kendaraan ringan untuk berbagai keperluan di banyak negara.

Bahkan, Ape baru-baru ini merayakan ulang tahun kelahirannya yang ke-60 di Italia, tempat ia mulai dikenal pada tahun 1948. Menggunakan basis Vespa scooter, adalah Corradino D’Ascanio yang pertama mencetuskan desain Ape sekaligus Vespa. Kehadiran Ape ketika, tak lain untuk memenuhi permintaan jenis kendaraan yang kompak dan ringan di Italia. Ide unik D’Ascanio itu, ternyata luar biasa.

Terbukti, jenis kendaraan ini bertahan hingga sekarang. Sejak pertama kali dirilis, Ape terus mengalami pengembangan, termasuk variannya. Evolusi pertama terjadi tahun 1952, ketika kapasitas mesinnya dinaikkan dari 125 cc menjadi 150 cc. Tahun 1954, Ape tipe C diperkenalkan dengan bentuk menyerupai truk kecil yang mampu mengangkut barang seberat 350 kg. Empat tahun berikutnya, muncul Ape D yang lebih besar dipersenjatai mesin 170 cc.

Model ini juga sudah dilengkapi kabin dan pintu. Sekarang ini, Ape TM yang dirilis tahun 1982 masih tetap diproduksi. Tipe ini menyodorkan konsep yang benar-benar baru dengan ruang kabin lebih besar. Daya angkutnya pun ikut bertambah. Ape TM juga sudah mengadopsi sistem kemudi yang dilengkapi steering wheel. Dua tahun sesudahnya, digunakan mesin diesel berkapasitas 422 cc yang dikawinkan dengan gearbox 5 speed. Tahun 2007, Piaggio kembali memperkenalkan versi limited edition untuk tipe Ape Calessino.

Hebatnya, versi terbatas ini hanya diproduksi 999 unit. Calessino sendiri, sempat populer di tahun 1950-an ketika para bintang Hollywood menggunakannya sebagai kendaraan khusus di kawasan peristirahatan kepulauan Mediterania. Sekarang, pasar Inggris juga sudah bisa menikmati Ape. Tersedia beberapa varian di pasar, antara lain yang bermesin bensin 50 cc, varian TM bermesin bensin 218 cc, TM bermesin diesel 422 cc dan versi khusus Calessino. Kehadiran Ape, diharapkan bisa mengisi kebutuhan personal transport yang populer. Harga varian terendah Ape, hanya sekitar Rp 70 juta.

Related Article:

0 komentar:

Poskan Komentar


 
KLIK Gambar/Link Di Bawah Ini Untuk Menutup Iklan Ini
Copyright 2010 New Magazine. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog