Senin, 28 Maret 2011

Ikan Hiu Doyan Kunjungi 'Salon'


Sama seperti manusia, ternyata ikan hiu juga menikmati kunjungan ke ‘salon’ untuk menyingkirkan kulit mati dan parasit eksternal. Temuan seputar hiu yang gemar membersihkan diri tersebut diungkapkan pada program Discovery Channel.


Pada penelitiannya, sekelompok pengamat dari Bangor University dan School of Ocean Sciences University of Wales, Inggris memantau interaksi antara ikan hiu perontok (thresher shark) dan ikan wrasse ‘pembersih’ yang ada di kawasan Filipina.

Peneliti menemukan bahwa di kawasan tersebut, ikan hiu itu pergi membersihkan diri, khususnya di kawasan di mana terdapat gunung bawah laut. Secara total, peneliti melakukan pemantauan selama 1.230 jam, dan diketahui bahwa ikan hiu lebih memilih datang ke tempat 'bersih-bersih' itu pada pagi hari.

“Ikan-ikan hiu itu mengunjungi lokasi ini secara rutin,” kata Simon Oliver, peneliti dari Bangor University, seperti dikutip dari Presstv, Senin, 28 Maret 2011. “Ikan pembersih juga menunjukkan preferensi untuk membersihkan bagian tertentu dari tubuh hiu thresher yang datang,” ucapnya.

Selama rentang pemantauan itu, ikan pembersih memandikan ikan hiu sebanyak 2.757 kali. “Tercatat 33,9 persen pembersihan dilakukan di sekitar pinggul, sekitar 23,3 persen dan 22,3 persen di sekitar sirip dada serta sirip ekor, di bagian kepala sekitar 8,6 persen, di bagian sirip punggung sekitar 2,1 persen, dan di sekitar insang sebanyak 1,5 persen,” ucap Oliver.

Untuk memudahkan ikan-ikan wrasse melakukan pembersihan, Oliver menjelaskan, hiu kadang berenang dalam posisi tegak lurus dan berputar-putar seperti sedang menari balet.

Related Article:

0 komentar:

Poskan Komentar


 
KLIK Gambar/Link Di Bawah Ini Untuk Menutup Iklan Ini
Copyright 2010 New Magazine. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog